Liburan Ramdhan 1432H

suasana para santri dalam acara tausiyah ammah...

suasana para santri dalam acara tausiyah ammah

Rasa dan suasana senang yang sangat, sedang menyelimuti para Santriwan-santriwati Ponpes Almizan Muhammadiyah Lamongan. Liburan ramadhan yang selama ini dinanti-nanti oleh seluruh Santriwan-santiwati Ponpes Almizan Lamongan telah datang. Selama kurang lebih 23 hari para Santriwan-santriwati akan berliburan di kampung halamannya masing-masing, di mulai tanggal 17 agustus – 10 september 2011.

Setiap liburan ramadhan, para santri sebelumnya di beri tausiyah oleh para dewan asatidz dan bapak di rektur ma’had, bapak Khoirul Huda, MA. Seperti tahun-tahun sebelumnya, setiap para santri setiap liburan ramadhan di beri amanah berupa amplop permohonan dana. Lebih-lebih sekarang, Ponpes Almizan mau membangun proyek besar. Membangun Almizan dua. Sungguh proyek yang sangat bagus, tentunya membutuhkan dana yang sangat banyak.

tidak hanya amplop, tapi untuk supaya para santri lebih amanah dalam liburannya, maka para santri di beri blangko kegiatan. yang gunanya adalah untuk supaya para santri mencatat seluruh kegiatannya selama bulan ramadhan tahun ini. dengan begitu, nanti kita akan mengetahui, seberapa aktif peran mereka di rumah dan di masyarakat. apakaha anak tersebut sholat berjamaah 5 waktu, atau kan puasa atau tidak, tarawi atau tidak dan mencatat amalan-amalan wajib dan sunnah mereka pada saat liburan ramadhan tahun ini. blangko tahun ini sedikit berbeda dari tahun lalu, kalau tahun lalu memakai buku, sekarang memakai blangko. biar lebih praktis dan lebih gampang.

“Almizan akan melebarkan sayapnya. Bertambah tahun, semakin bertambah kepercayaan masyarakat kepada lembaga pendidikan ini. Hal ini terbukti dengan semakin meningkatnya minat masyarakat untuk memasukkan anak-anaknya ke lembaga pendidikan Almizan tercinta ini. Lebih-lebih tahun ini, presentasi santri baru yang masuk meningkan sangat pesat, mencapai 200 lebih, padahal tahun ini kami meluluskan anak Cuma sekitar 80 anak. Tahun lalu, aliyah kelas X hanya dua ruang, sedangkan tahun ini menjadi tiga ruang. Yang tsanawiyah pun demikian. Maka dari itulah, kenapa kami berencana membangun Almizan ke 2. Lahan seluas 5000 M persegi telah kita beli dengan harga lebih dari 600 juta, sekarang tinggal tahap pembangunan, yang kira-kira memakan biaya lebih dari 1 Miliyar. Kalau bukan denga uang-uang kita ini, makek uang siapa hayo”, tutur salah dewan asatidz.

“jangan pernah mengikuti ayat-ayat syetan. Di antara ayat-ayat syetan yang nanti benar-benar menguji iman kita adalah, yang putrid contohnya; “kenapa berjubah, kayak maklampir. Kenapa ber jilab, angkep gituloh. Pakaiannya kok tak bois belas, ketinggalan jaman. Dan berbagai macam omongan-omongan yang kalau kita tidak mempersiapkan iman yang tebal, bisa jadi iman kita sedikit demi sedikit akan padam dan akan mengikuti ayat-ayat syetan tersebut”. Jangan pernah berteman denga orang-orang jahil, carilah teman yang kuat imannya. Agar kalian termasuk orang-orang yang beruntung”. Tutur Ust. Muhammad Sholeh (Aba Sholeh).

“waktu kalian di ma’had, lebih panjang daripada waktu kalian di rumah. Meskipun begitu, waktu yang sedikit ketika di rumah itu, akan menjadikan kerugian yang besar sekali dalam kehidupan kalian di dunia ini. Berapa banyak manusia, yang seumur hidupnya menghabiskan waktunya untuk beramal, kemudian amalan itu di hapus dengan sekejab saja. Hati-hatilah wahai anak-anakku, kehidupan ini bukanlah tempat berpangku tangan, kehidupan ini adalah untuk mengabdi kepada sang ilahi Robbi..! jangan pernah ada rasa mengeluh, menyesal dan lelah dalam hidup ini, harus terus semangat dan beramal, menuntut ilmu dan mengamalkannya, mendakwahkannya serta memperjuangkkannya. Barokallohu fikum….!”, tutur Bpk. Khoirul Huda, MA selaku mudirul ma’had Ponpes Almizan Muhammadiyah Lamongan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s